Selasa, 06 Juli 2010

Konsep Warnet speedy

Malam minggu ini karena penat habis ngoprek seharian saya mencoba untuk jalan jalan sembari menemukan ide ide baru yang mungkin muncul saat melihat keadaan malam minggu ini. Awalnya gak tahu mau kemana harus pergi malam ini cuma hanya ingin keluar saja.

Namun sekitar 100 meter dari rumah, tiba tiba timbul ide untuk melihat lihat kondisi beberapa warnet disaat malam minggu. Ternyata hampir setiap warnet yang saya lihat malam ini penuh rata rata hunian 70 – 100 %.

Ada hal yang menarik ketimbang melihat tingkat hunian user di warnet, kalau selama ini saya tidak begitu tahu kalau sekarang di daerah bukit besar palembang ternyata sudah sangat banyak sekali warnet, rata rata setiap 10 – 100 meter pasti ada warnet. Malah kalau di Komplek Ruko seperti di daerah puncak sekuning hampir seluruh ruko di deretan belakang kuburan puncak sekuning dipenuhi sama usaha warnet dan rental PS dan semuanya hampir penuh. Dijalan lunjuk jaya yang panjangnya kurang lebih 1 Km ada sekitar 13 usaha warnet dan jalan lainnya juga tidak kalah ramai usaha warnet entah ada yang kelihatan atau yang tidak kelihatan maklum jalan malam.

Begitu pesatnya pertumbuhan usaha warnet dan begitu pesatnya perkembangan pengguna internet belakangan ini menurut saya tidak lepas dari keberhasilan telkomspeedy. Karena kalau dilihat rata rata warnet sekarang menggantungkan koneksi usahanya kepada jasa telkomspeedy. Disadari atau tidak telkomspeedy sudah membuat penetrasi internet cukup tinggi.

Pesatnya pertumbuhan usaha warnet dan pengguna internet yang menggantungkan koneksi ke telkomspeedy sepertinya patut disikapi oleh telkom supaya terus meningkatkan layanannya baik dari sisi kualitas dan kuantitas layanan. Memang jika menggunakan telkomspeedy banyak kemudahan yang didapat apalagi untuk usaha warnet diantaranya adalah

  1. Biaya pasang awal yang lebih murah dibandingkan kalau pasang koneksi ke ISP lokal.
  2. Tidak perlu waktu lama untuk mengkoneksikanm, dalam 1 hari koneksi internet sudah tersambung.
  3. Biaya bulanan yang terjangkau dengan kecepatan akses yang ditawarkan lumayan untuk membuka usaha.
  4. Tidak memerlukan ruangan khusus untuk meletakan peralaltan seperti modem ketimbang dengan ISP lokal yang memerlukan Tower dan pengkabelan yang ribet.
  5. Tidak perlu adanya kontrak, jika mau pasang ya pasang dan jika mau putus ya putus saja. Tidak ada ikatan kontrak langganan kecuali untuk produk promo, dll

Pertanyaan yang timbul bagi pengusaha warnet adalah

  1. Seberapa tinggikah Potensi usaha warnet kedepan mengingat tingginya pertumbuhan warnet
  2. Seberapa lamakah usaha warnet bisa bertahan mengingat banyak layanan akses internet yang beredar di pasaran yang dikeluarkan provider telko
  3. Usaha warnet seperti apakah yang bisa bertahan lama mengingat banyak pengusaha warnet yang tutup sebelum usahanya berjalan 1 tahun atau baru masuk tahun kedua udah tutup, dan pertanyaan lainnya yang mungkin banyak ditanyakan bagi calon pengusaha warnet atau pengusaha warnet yang sudah berjalan

Kalau melihat pertumbuhan yang pesat seperti sekarang ini, usaha warnet bisa dibilang bagus dan tidak bagus tergantung skala usaha dan bagaimana memanage nya.

Nanti saya akan mencoba menulis opini saya mengenai usaha warnet kedepan dan prospeknya dimata saya.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar